BANDA ACEH – Anggota Linmas dari 90 desa di Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan pengamanan pilkada gubernur/wakil gubenur dan wali kota/wakil wali kota yang diselenggarakan Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat.

“Sebanyak 1.300 anggota linmas mulai hari ini mengikuti pelatihan pilkada. Mereka akan ditempatkan di seluruh TPS dan PPK menjelang dan sesudah hari pemungutan suara,” kata Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin di Banda Aceh.

Didampingi Kepala Kesbangpol Kota Banda Aceh Syahrullah seusai membuka pelatihan bagi anggota linmas, Mawardy mengatakan sukses tidaknya pilkada pada 16 Februari mendatang juga tidak terlepas dari peran personil linmas yang membantu aparat Polri dan TNI di seluruh TPS.

“Seluruh personil linmas yang mengikuti pelatihan pengamanan pilkada akan ditempatkan di 350 TPS dan PPK yang tersebar di sembilan kecamatan serta 90 desa,” katanya. Mawardy juga mengatakan pelatihan yang berlasung selama empat hari itu juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman personil satuan linmas di tingkat desa serta kecamatan dalam menjaga dan menyukseskan pilkada secara tertib, aman dan damai.

“Kita semua berharap pilkada dapat terlaksana dengan baik, anggota linmas juga harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan memberikan hak suaranya nanti,” kata Mawardy Nurdin.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Syahrullah mengatakan selama pelatihan seluruh anggota linmas akan mengikuti simulasi pengamanan dan tatacara menyukseskan pilkada. Menurutnya, Kesbangpol dan Linmas Kota Banda Aceh telah merekrut Satlinmas dari sembilan kecamatan sebanyak 1.300 orang yang akan ditempatkan di 350 TPS dan PPK kecamatan dalam Kota Banda Aceh.

Dari 1.300 petugas tersebut akan dibagi dalam tiga ring yakni ring pertama sebanyak 700 orang yang bertugas di KPPS, 400 anggota lainnya menempati ring dua untuk membantu Babin Kamtibmas dan di ring tiga untuk membantu Babinsa di PPS akan dikerahkan 200 orang.

(sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=229375:anggota-linmas-ikut-pelatihan-pengamanan-pilkada&catid=13:aceh&Itemid=26 )

Sharing ke Social Media :