Aminullah bersama wakilnya Drs H Zainal Arifin dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh periode 2017 – 2-22 oleh Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Jum’at (7/7/2017) di ruang paripurna Gedung DPRK Banda Aceh.
Saya berjanji untuk tak akan menjadikan diri saya sebagai pemimpin untuk sekelompok orang, melainkan pemimpin untuk semua rakyat warga kota Banda Aceh, warga yang mendukung dan juga yang tidak mendukung saya pada pilkada yang lalu,” ujar Aminullah pada pidato pertamanya sebagai Pemimpin baru Banda Aceh.
Saat menyampaikan sambutan resminya yang mendapat tepuk tangan gemuruh dari tamu dan warga kota, Aminullah mengatakan dirinya ingin menjadi pemimpin yang pro rakyat, yang akan bekerja untuk kepentingan rakyat.
“Kami tetap berpegang pada visi misi mewujudkan Banda Aceh gemilang dalam bingkai syariah. Kita tetap akan memprioritaskan bidang agama, perekonomi dan pendidikan,” tegas Aminullah.
Sementara itu, Irwandi Yusuf dalam sambutannya antara lain menyampaikan agar pasangan Gemilang ini untuk membina hubungan dengan legislatif sebagai mitra kerja. Sehingga berbagai agenda kegiatan di Kota Banda Aceh dapat dilaksanakan dengan baik. Irwandi juga berharap Aminullah dapat membina komunikasi dengan pimpinan politik lainnya untuk menghilangkan semua friksi yang terjadi saat pilkada.
Rapat paripurna pengambilan sumpah dan pelntikan dipimpin oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadhilah. Amin-Zainal di Peusijuk di Taman Sari
Usai prosesi pelantikan di Gedung DPRK lama Banda Aceh, Aminullah bersama istri Nurmiaty dan Wakil Walikota Zainal Arifin bersama istri Fauziah menuju Taman Sari Bustanussalatin yang hanya berada tidak jauh dari komplek Balaikota.
Di Taman Sari, Amin-Zainal bersama istri sudah ditunggu ribuan warga kota yang ikut menghadiri acara kenduri rakyat. Ribuan warga juga ikut menikmati masakan khas Aceh, kuah beulangong sambil menyaksikan proses peusijuk Walikota dan Wakilnya beserta istri.
Kegiatan kenduri ini digelar sebagai acara menyambut kehadiran Walikota baru dengan diawali peusijuk (tepung tawari) oleh para ulama dan tokoh masyarakat.
Setelah prosesi peusijuk berlangsung, Walikota menyampaikan sambutan singkat didepan warga kota. Selain mengucapkan terimakasih karena telah memberikan kepercayaan kepada dirinya memimpin kota, Amin juga meminta warga kota tidak segan-segan memberikan saran dan usul saat dirinya menjalankan roda pemerintahan nanti. (HP)