Laporan Sri Wahyuni,

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banda Aceh melalui kegiatan Penyuluhan Politik kepada Masyarakat menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat dengan tema “Perundangan dan Proses Bantuan Keuangan kepada Partai Politik,” di Aula SKB Lampineung Banda Aceh Selasa (19/9/2017). Kegiatan diikuti 75 peserta terdiri dari pengurus partai politik, ormas dan sejumlah kalangan wartawan di Kota Banda Aceh.

Kegiatan yang dibuka oleh walikota Banda Aceh dalam kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Dwi Putrasyah. Menurut Walikota kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan sejak 12 tahun diberikannya bantuan keuangan kepada partai politik. Dalam sambutannya Walikota juga menyambut baik kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun mendatang.

“Pada prinsipnya LPJ bantuan keuangan yang disampaikan partai politik di Kota Banda Aceh sudah baik, diharapkan untuk ke depan agar lebih serius lagi untuk terciptanya tertib administrasi yang baik,” demikian ungkap Drs Dwi Putrasyah.

Kedepan menurutnya perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya laporan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik yang standard dan sesuai dengan ketentuan.
“Disisi lain untuk memberikan bagaimana berpolitik yang baik dan merawat hubungan dalam berpolitik” tambahnya.
Sejumlah narasumber yang dihadirkan antara lain Syahrial SH dari Inspektorat Kota Banda Aceh, Aidil Azhari SH dari KIP Kota Banda Aceh, Riri dari BPK dan Drs Tarmizi Yahya Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh.

Kepala Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh Drs Tarmizi Yahya menyebutkan kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan politik masyarakat dan partai politik.
“Kita ingin partai politik dapat menyelesaikan laporan dengan baik, yang tentunya diawalai dengan berbagai kegiatan pembinaan internalnya,” kata Tarmizi.

Lebih lanjut menurutnya kegiatan ini akan terus dilanjutkan di tahun mendatang dan sekaligus menjadi wadah bagi silaturahmi partai-partai politik dan tokoh-tokoh masyarakat serta jurnalis.

Sharing ke Social Media :