Pewarta Sri Wahyuni,

Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh bekerjasama dengan unsur terkait melakukan penyuluhan dan sidak antisipasi cegah dini Narkoba dan Miras untuk kalangan pelajar di Banda Aceh, pagi (13/11/207). Giat dilakukan di 2 (dua) tempat yaitu sekolah SMP Negeri 14 Banda Aceh dan SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Tim yang tergabung dalam kelompok kerja pengawasan ini terdiri dari unsur Polresta Banda Aceh, Kesbangpol Banda Aceh, BNNP Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga Banda Aceh, Dinas Kesehatan Banda Aceh, POMDAM, Dinas Perhubungan Banda Aceh dan Satpol PP dan WH Banda Aceh.

Sebelum melakukan razia tim terlebih dahulu mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan di masing-masing sekolah. Sekretaris Kesbangpol Banda Aceh Hasnanda Putra ST MM MT bertindak sebagai Pembina Upacara di SMA Negeri 11 Banda Aceh dan Wakasat Narkoba Polresta Banda Aceh, AKP Dewi Maulidar sebagai Pembina Upacara di SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Setelah apel upacara tim melakukan razia dengan cara memeriksa isi tas, saku celana/rok dan mengecek HP milik siswa/i.

Dari hasil investigasi lapangan sempat ditemukan beberapa fakta dilapangan dan selanjutnya dilakukan pertemuan dengan pihak sekolah. Secara umum kedua sekolah dinyatakan dalam kondisi terjaga dan diawasi dengan baik oleh pihak sekolah.

Dalam kunjungan di SMA Negeri 11 Banda Aceh, tim juga mengapresiasi pemisahan siswa dan siswi serta pengawasan ketat pihak sekolah terhadap penggunaan smartphone hanya untuk kepentingan pembelajaran.

“Kita berharap semoga generasi zaman now di Banda Aceh mampu mewujudkan Banda Aceh Gemilang terbebas dari narkoba,” kata Zulkifli Kabid Bina Ideologi Kesbangpol Kota Banda Aceh yang juga anggota tim di sekolah tersebut.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh Drs Tarmizi Yahya menyebutkan kegiatan ini merupakan program rutin yang menjadi prioritasnya dalam melakukan cegah dan waspada dini terhadap pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Banda Aceh.