Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mencanangkan sekaligus mendeklarasikan Banda Aceh  sebagai kota yang telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) oleh masyarakatnya, Rabu (22/11/2017).

Turut diberikan Sertifikat Open Defecation Free (ODF) kepada sembilan keuchik mewakili sembilan kecamatan di Kota Banda Aceh oleh Wali Kota Aminullah bersama Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI Imran Agus Nurali.

Pada acara yang dipusatkan di Hermes Palace Hotel itu juga dilakukan penandatanganan Deklarasi ODF oleh Aminullah dan wakilnya Zainal Arifin, Ketua DPRK Arif Fadillah, perwakilan Kadinkes Aceh, Kadinkes Banda Aceh Warqah Helmi, dan para Keuchik.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes RIImran Agus Nurali menyebutkan, pencapaian ini terasa begitu istimewa karena Banda Aceh menjadi kabupaten/kota pertama di luar Pulau Jawa yang berhasil mencapai salah satu target nasional 100.0.100 yakni 100 persen akses sanitasi layak.

“Secara internasional, gerakan bebas BABS ini masuk dalam target SDGs 2030. Sedangkan di Indonesia baru mencakup 70 persen kepala keluarga, dan di Provinsi Aceh baru 65 persen. Semoga dengan pencapaian ini Banda Aceh dapat memotivasi kabupaten/kota lainnya di Aceh bahkan Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, gerakan bebas BABS sangat penting dalam mencegah berbagai penyakit berbasis air dan lingkungan mulai dari Diare hingga Stunting (tubuh pendek pada anak) yang masih dialami oleh sekitar 27 persen anak di Indonesia.

“Hebatnya lagi, berdasarkan hasil verifikasi oleh pihak Puskesmas, camat, dan keuchik, 100 persen akses sanitasi layak di Banda Aceh dicapai dengan penggunaan 100 persen jamban sehat permanen di setiap rumah warga, dimana hal ini sama dengan target SDGs pada 2030 nanti,” ungkapnya lagi.

Ia pun berharap sebelum 2019, Pemko Banda Aceh juga dapat mencapai target akses air minum 100 persen dan 0 persen kawasan kumuh, di samping target akses 100 sanitasi layak yang telah dicapai saat ini.

“Semoga Banda Aceh bisa menjadi kota pertama di Indonesia yang bisa mencapai target universal akses 100.0.100, dan menjadi pilot project bagi daerah lain,” pungkas Imran.

Atas penghargaan tersebut Walikota Banda Aceh Aminullah menyampaikan rasa syukurnya dan menyebutkan sebagai hasil kerja keras segenap unsur pemerintah dan warga Kota Banda Aceh.

“Kami yakin dengan hidup bersih dan sehat akan mempermudah dan mempercepat upaya kami dalam mewujudkan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah,” Kata Aminullah.

Banda Aceh dibawah kepemimpinan Walikota H Aminullah Usman dan Wakil Walikota H Zainal Arifin terus merealisasikan  berbagai program kerja dan menjalin hubungan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan di pusat dan provinsi  dalam  upaya mewujudkan Banda Aceh Gemilang.  (Sumber Humas)

Editor : Hasnanda Putra

Sharing ke Social Media :