Pemantauan Ketahanan Budaya Kesbangpol.

Banda Aceh kota yang penuh dengan situs bersejarah. Sebagai kota tua yang berusia 8 abad lebih disetiap sudut kota terdapat berbagai situs bersejarah, diantaranya Makam Tgk. Chik Lamjabat di Gampong Lamjabat, Kacamatan Meuraxa.

Situs ini tempat ulama sekaligus pendiri kampung ini dikuburkan. Menurut cerita orang kampung, Tgk. Chik Lamjabat merupakan ulama sekaligus tetua kampung yang disegani pada masanya.

Menariknya warga Gampong Lamjabat kini juga menikmati hasil sawah dari peninggalan Tgk. Chik Lamjabat. Terdapat beberapa petak sawah yang ditinggalkannya dan kini menjadi aset gampong.

Pagi ini minggu 17/12, saya mengunjungi makam ulama ini. Situs ini setelah dipugar Pemko Banda Aceh beberapa waktu lalu dan kini telah didaftar dalam sistem registrasi nasional Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam situs online tersebut, tertulis situs Makam Tgk Chik Lamjabat telah didaftar sistem registrasi nasional Kemendikbud pada tanggal 26 Oktober 2017.

Makam Tgk Chik Lamjabat terletak di Gampong Lamjabat Kecamatan Meuraxa kota Banda Aceh dengan luas area 500 m, keadaan Makam terpelihara dengan baik

Ayo bersama kita jaga peradaban melalui situs bersejarah di Kota Banda Aceh.

Penulis : Hasnanda Putra

Sharing ke Social Media :