Kamis, (30/08/2018) pukul 14.20 wib Panitia Baiturrahman Expo HUT RI ke-73 Tahun 2018 Kecamatan Baiturrahman menyelenggarakan Pembukaan Baiturrahman Expo dan Aneka Lomba dalam rangka HUT RI ke 73 Tahun 2018. Acara dimulai pukul 14.20 Wib, bertempat di Lapangan Eks Hotel Aceh, bersebelahan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Hadir pada pembukaan acara tersebut dari unsur DPRK Banda Aceh, Pengadilan Negeri Banda Aceh, Kodim 0101/BS, Polresta Banda Aceh, Kejari Banda Aceh, Kepala SKPK beserta jajaran Pemko Banda Aceh, Camat Baiturrahman dan Para Camat Se-Kota Banda Aceh, Polsek Baiturrahman, Puskesmas Baiturrahman, Tim Penggerak PKK Kota Banda Aceh, Tim Penggerak PKK Kecamatan Baiturrahman, Para Mukim Baiturrahman dan Mukim Putroe Phang, Keuchik Se-Kecamatan Baiturrahman, Ketua Pemuda Kecamatan dan Ketua Pemuda Gampong dalam Wilayah Baiturrahman, Ketua RAPI Kecamatan Baiturrahman dan generasi muda di Kecamatan Baiturrahman.

Dengan Tertib Acara sebagai berikut :

  1. Tarian Ranup Lampuan, persembahan Sanggar TK Methodist
  2. Pembacaan Ayat Suci Alquran olrh Ust. Ferdian Oriza
  3. Sambutan Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan oleh Kapt Inf Abd Kadir
  4. Sambutan Walikota sekaligus membuka acara secara resmi
  5. Pembacaan Doa oleh Ust. Abd Manaf
  6. Lomba Gelinding Ban

Menurut Laporan Panitia Penyelenggara Kegiatan yang dibacakan oleh Kapt (Inf) Abd Kadir, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan di kecamatan Baiturrahman untuk memeriahkan kegiatan 17 Agustus, adapun dasar kegiatan ini merupakan Surat Keputusan Camat Baiturrahman Nomor 41 Tahun 2018 tentang Penetapan Panitia Penyelenggara Kegiatan Baiturrahman Expo dan Aneka Lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 Tahun 2018. Adapun perlombaan yang diadakan pada tahun ini adalah lomba panjat pinang, lomba panjat batang pisang, lomba kukur kelapa, lomba tarik tambang, lomba gelinding ban, lomba masak serba ikan oleh ibu-ibu PKK Gampong dalam wilayah Baiturrahman/lomba merias tanpa kaca.

Tahun ini ada sesuatu yang berbeda dibanding pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yaitu Baiturrahman Expo, dengan tujuan setiap gampong dalam wilayah Baiturrahman dapat menunjukkan kepada masyarakat luas kemajuan-kemajuan yang ada di setiap gampong dalam wilayah Baiturrahman dan pada saat Expo ini berlangsung, setiap gampong juga akan menampilkan produk-produk unggulan yang ada di setiap gampong. Expo ini terdiri dari 10 Stand Gampong ditambah Puskesmas dan RAPI, pameran Expo ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 30 Agustus 2018 s/d 1 September 2018.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE.Ak,MM melalui sambutannya mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada pihak penyelenggara kegiatan yang telah menggagas kegiatan ini, yang belum dilaksanakan oleh kecamatan lain.

“Ini menjadi pemicu bagi kecamatan-kecamatan lain dan ini adalah bahagian dari apa yang kita harapkan. Dengan acara seperti ini banyak manfaat yang dirasakan, diantaranya sebagai ajang promosi hasil kerajinanan ekonomi kreatif masyarakat, bisa ditampilkan dan laku terjual, sebagai hiburan bagi masyarakat dengan adanya berbagai perlombaan seperti ini dan yang lebih penting sebagai ajang silaturrahmi masyarakat 10 gampong dalam kecamatan Baiturrahman,” tutur Pak Wali.

Menurut Pak Wali, kegiatan ini selain ajang  saling memperlihatkan kelebihan masing-masing gampong lebih dari pada itu menjadi ajang silaturrahmi yang lebih penting dalam membangun ukhuwuah, mempererat keakraban. “Terlebih di Banda Aceh saat ini sedang berlangsung Festifal dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). “Mereka akan melihat tampilan-tampilan kegiatan budaya yang ada di kota kita. Melalui acara ini, Pak Wali juga berjanji akan mencari sponsor menambah biaya 10 juta untuk acara ini dan berharap selanjutnya even ini menjadi even tetap dan akan berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya. “Ke depan tidak hanya per gampong namun juga per lorong bisa diikut sertakan lomba,” harap Pak Wali.

Selanjutnya Pak Wali bersama Muspika Baiturrahman dan Forkopimda Kota Banda Aceh memukul rapai sebagai tanda dimulainya acara. Acara ditutup dengan doa, dipimpin oleh Ust Abd Manaf.[TPKs]