Banda Aceh – Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM melalui acara Bulan Bhakti Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Tahun 2018, Minggu (9/9/2018) di lapangan Eks Hotel Aceh, mengajak Fakultas Teknik Unsyiah ikut menyumbangkan ide-ide mereka dalam memantapkan tata ruang kota Banda Aceh.

Menurut Aminullah, tata ruang Banda Aceh sudah saatnya direvisi agar bisa digunakan oleh generasi yang akan datang. Tata ruang harus detail dan matang agar tidak bermasalah di kemudian hari.

“Konsep tata ruang seperti TPA di Gampong Jawa, saya pikir ini adalah kesalahan. Hari ini sampah yang menumpuk menjadi masalah, karena sekarang sudah dekat dengan pemukiman warga. Perlu pemikiran bersama untuk mencari solusi terbaik,” ujar Aminullah.

Karenanya, Walikota meminta Fakultas Teknik Unsyiah ikut berkontribusi memberi masukan dan ide terkait tata ruang Banda Aceh yang sekarang sedang disusun.

“Saya minta Fakultas Teknik ikut memikirkan tata ruang yang baru. Sekarang sedang kita susun konsep tata ruang yang lebih detail agar bisa digunakan hingga 50 tahun ke depan,” pinta Aminullah.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Fakultas Teknik Unsyiah yang telah menggelar bulan bhakti. Bulan bhakti Fakultas Teknik ini digelar dalam rangka Milad ke 55 FT Unsyiah, ribuan mahasiswa ikut membersihkan kota Banda Aceh, terutama di area sekitar Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

“Ini perlu kita apresiasi, untuk memajukan sektor wisata memang harus didukung dengan kota yang bersih,” tambah Aminullah.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Syamsul Rizal menyambut baik ajakan Walikota Banda Aceh, dirinya memastikan Unsyiah siap mendukung program-program Pemko Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah Usman dan Zainal Arifin.

Menurutnya Fakultas teknik Unsyiah memang tidak bisa dipisahkan dari Pemko Banda Aceh, banyak alumni FT Unsyiah yang telah mengabdi di Pemko Banda Aceh, seperti Sekda Kota, Ir Bahagia Dipl SE yang merupakan alumni FT Unsyiah. Selain itu, Kabag Umum, Roesdi ST, Kabag Adm Pembangunan, Muhammad Saifuddin Ambiya ST MT dan banyak lagi yang lainnya tersebar di SKPK.

“Warga Unsyiah, baik mahasiswa, dosen dan alumni mencapai 10 persen dari warga kota. Kalau perubahan kota dimulai dari warga Unsyiah saja itu sudah sangat luar biasa,” kata Prof Syamsul Rizal.

Untuk program kebersihan kota, dalam kesempatan ini, Rektor menawarkan setiap bulannya ada gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa dan alumni Unsyiah untuk membersihkan kota.

“Bulan depan kita bersihkan Peunayong Pak Wali. Saya minta bulan depan Fakultas Ekonomi. Pak Dekan Fakultas Ekonomi harus siap,” ujar Rektor.

Bukan hanya di bidang kebersihan, Unsyiah juga siap berkontribusi pada program-program pembangunan kota yang lain sesuai permintaan Walikota, termasuk memikirkan konsep tata ruang.

Tampak hadir pada acara bulan bhakti tersebut Wakil Walikota Drs Zainal Arifin, Sekda Kota Ir Bahagia Dipl SE dan beberapa kepala SKPK.

Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib itu berlangsung tertib dan berakhir pukul 11.00 Wib. [sri]

Sharing ke Social Media :