Minggu, (23/09/2018) Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXXV tingkat Kota Banda Aceh telah berakhir dengan kafilah Luengbata sebagai juara umum. Penutupan dilakukan Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM, bersama Wakil Wali Kota, Drs Zainal Arifin dan Ketua DPRK, Arif Fadillah dengan membunyikan sirine di halaman Masjid Baitul Musyahadah, Geuceu Kayee Jato Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh.

Pada MTQ kali ini, Kafilah Kecamatan Luengbata mengukir sejarah setelah berhasil meraih juara umum. Piala bergilir untuk Luengbata diserahkan Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman, SE,MM kepada Camat Lueng Bata Mustafa S.Sos di panggung utama. Hadir pada kesempatan itu Sekdakota, Ir Bahagia, Dipl SE dan Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Alizar S.Ag M.Hum.

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan Koordinator Dewan Hakim MTQ, H Saifuddin SE, kafilah Luengbata berhasil mengumpulkan total 82 poin, dengan rincian 65 poin dari 13 peserta yang berhasil meraih juara I, 12 poin dari empat peserta yang meraih juara II, dan lima poin dari lima juara III. Sementara Juara II diraih Kecamatan Syiah Kuala dengan raihan total poin 72, diikuti tuan rumah Kecamatan Banda Raya di posisi ketiga dengan raihan 49 poin. Sedangkan juara umum MTQ sebelumnya, Kecamatan Kuta Alam, harus puas berada di posisi IV dengan perolehan 41 poin.

Walikota Banda Aceh Bapak Aminullah dalam sambutannya berpesan agar Alquran selalu menjadi pedoman hidup di tengah derasnya arus globalisasi sekarang ini. “Menjadi tugas kita semua, para orang tua, guru, dan masyarakat di gampong-gampong untuk mendorong anak-anak belajar Alquran, memahami, dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Aminullah. Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan MTQ diharapkan menjadi momentum kebangkitan generasi qurani yang gemilang di Kota Banda Aceh“Kepada panitia dan para dewan hakim, saya sampaikan apresiasi dan terima kasih. Dewan hakim telah memberikan penilaian objektif, sehingga lahirlah qari dan qariah terbaik yang akan mengharumkan nama Banda Aceh di ajang yang lebih besar,” harap Aminullah.[TPKs]

Sharing ke Social Media :