Kamis (8/11/2018) pukul 9.00 wib Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh melaksanakan pembukaan kegiatan Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Banda Aceh Tahun 2018 yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari bertempat di gedung Aula SKB Lampineung Banda Aceh. Dengan dihadiri oleh 3 (tiga) orang narasumber yakni dari Unsur Polresta Banda Aceh, Asisten I dan Pengurus FKDM Kota Banda Aceh.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu kepada Permendagri no 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah dengan pasal dari Permendagri yakni Revitalisasi keanggotaan FKDM tingkat Kota dan Kecamatan serta Keputusan Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh NomorĀ  26 Tahun 2018 tentang pembentukan Tim Teknis Penyelenggaraan Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Banda Aceh Tahun 2018.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu :
Meningkatkan peran serta aparatur dalam menjaring, menampung dan mengkoordinasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai segala bentuk potensi ancaman sehingga diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kerawanan yg dapat menciptakan gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Acara dibuka oleh Walikota Banda Aceh, diwakili oleh Kaban Kesbangpol Bapak Faisal M, S.STP.

Dan peserta diikuti oleh 50 orang peserta dari unsur Kecamatan dalam wialyah di Kota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh melalui Kaban Kesbangpol menyebutkan keamanan dan kenyamanan yang diidam-idamkan tidak akan terwujud jika semua elemen dalam masyarakat tidak ikut berpartisipasi dalam menjaga, mengantisipasi atau mendeteksi dini setiap potensi yang dapat membahayakan kehidupan masyarakat.
Faisal juga menambahkan FKDM merupakan wadah bagi elemen masyarakat yang terbentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di masyarakat.

Kewaspadaan masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik itu bencana perang, bencana alam maupun konflik sosial masyarakat. Kegiatan berlangsung dengan dilakukan sesi tanya jawab dari masing-masing peserta kepada para Narasumber, kegiatan berjalan dengan aman dan tertib.[TPKs]