Rabu, (06/02/2019) Sejak Pukul 08.00 Wib s/d menjelang waktu shalat dhuhur telah berlangsung Acara Maulid Raya Pemerintah Kota Banda Aceh tahun 1440 H/2019 M, bertempat di Lapangan Blang Padang Banda Aceh. Kegiatan tersebut dihadiri oleh mencapai lebih dari 20.000 orang tamu undangan yang terdiri dari :

  1. Forkopimda Aceh dan Wali Nanggroe;
  2. Forkopimda Kota Banda Aceh;
  3. Bupati dan Walikota Se-Aceh;
  4. Instansi Vertikal, BUMD dan Perbankan;
  5. Unsur TNI dan Polri;
  6. Unsur dari Peguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Kota Banda Aceh;
  7. Pimpinan Dayah dan Santri;
  8. Kaum Disabilitas;
  9. Anak Yatim;
  10. Persiraja;
  11. Ormas/OKP dan LSM yang ada di Kota Banda Aceh;
  12. PKK/Dekranas dan Dharma Wanita;
  13. Tokoh dan Masyarakat Umum Kota Banda Aceh; dan
  14. Para Guru dan Siswa/i Kota Banda Aceh.

Pemerintah Kota Banda Aceh telah melaksanakan Peringatan Maulid Raya Nabi Muhammad SAW.  Acara yang dipusatkan di Blang Padang ini melibatkan Seluruh Staf di jajaran Pemerintah Kota Banda Aceh  dan mengundang seluruh lapisan masyarakat. Diperkirakan mencapai 20.000 tamu undangan yang hadir pada kenduri maulid akbar tahun ini, termasuk seluruh anak yatim yang ada di kota Banda Aceh. Jumlah ini adalah jumlah yang terbanyak bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini, yaitu :

  1. Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam Bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam.
  2. Qanun Kota Banda Aceh Nomor 5 Tahun 2019 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota Banda Aceh Tahun 2018;
  3. Surat Keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/ 2019 M Pemerintah Kota Banda Aceh.

Kegiatan Maulid Akbar Pemerintah Kota Banda Aceh ini bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar Pemerintah Kota Banda Aceh bersama segenap masyarakat Kota Banda Aceh dan juga sebagai momentum untuk meneladani sikap dan perbuatan akhlaq mulia dari Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Peringatan maulid tahun ini mengusung tema “Aktualisasikan Akhlaq Rasulullah SAW Dalam Mewujudkan Banda Aceh Gemilang”, dan menghadirkan Penceramah Tgk. Yusri Puteh dari Kabupaten Pidie.

Dengan diadakannya maulid raya ini, Pemko Banda Aceh berkomitmen untuk menjadikan Banda Aceh sebagai daerah  tujuan wisata halal yang aman, nyaman dan bersyariat di mata dunia.

“Selain ajang silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, ini akan menjadi contoh sebagai wisata dengan nuansa islami.” Ungkap Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman dalam sambutannya.

Menurut Aminullah, perayaan maulid raya merupakan salah satu cara dari Pemerintah Kota Banda Aceh dalam memaknai kecintaan terhadap Rasulullah SAW dan mengimplementasikan teladan rasulullah terhadap sesama manusia. Acara Maulid Raya Pemerintah Kota Banda Aceh Tahun 1440 H/ 2019 M berjalan aman dan tertib.[TPKs]