Selasa (04/06/2019) Sekiranya pukul 20.00 Wib telah berlangsung Pawai Takbir Malam Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Banda Aceh. Sebanyak 60 regu ikut membawa obor menyemarakkan malam takbiran. Gemuruh suara takbir dari mobil-mobil hias membuat kegiatan ini menjadi lebih menarik dan memiliki kekhasan tersendiri.

Mulai start di depan Masjid Raya Baiturrahman, peserta pawai tampak semangat berjalan kaki mengikuti rute yang telah ditetapkan panitia. Ribuan warga kota antusias menyaksikan pawai ini, mereka berjejer disepanjang jalan yang dilewati peserta pawai. Tampak juga sejumlah wisatawan asing menyaksikan dan ikut mengabadikan tradisi masyarakat Banda Aceh menyambut hari kemenangan.

Tradisi ini menyambut hari raya akan menjadi sebuah event yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Banda Aceh. Tradisi ini bukan hanya positif bagi syiar Islam tapi juga memiliki dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman yang ikut melepas pawai takbir Idul Fitri 1440 H dengan memukul bedug bersama Gubernur Aceh, mengungkapkan kebahagiannya melihat antusias warga pada malam takbiran.

Walikota pun mengungkapkan tekadnya untuk membangun Kota Banda Aceh lebih baik lagi, terutama dari sisi syiar Islam.

“Mari kita kuatkan tekad membangun Banda Aceh lebih baik lagi. Kita bangun Banda Aceh dengan meningkatkan syiar Islam, menjadikan kota ini sebagai destinasi wisata religi dunia,” ujar Wali Kota kepada media.

Usai melaksanakan shalat ied bersama warga Lampaseh Aceh, Wali Kota langsung menuju pendopo di kawasan Blang Padang.

Di kediaman resminya, Walikota menggelar open house. Aminullah bersama istri, Hj Nirmiaty AR dan keluarga membuka pintu pendopo selebar-lebarnya menyambut warga kota yang ingin bersilaturrahmi dengan dirinya.[TPKs]