Sabtu (01/06/2019) telah dilaksanakannya Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Banda Aceh pada pukul 08.00 Wib yang dilaksanakan di Halaman Balaikota Banda Aceh dengan Tema “Kita Indonesia Kita Pancasila”.
Dalam hal ini Pembina Upacara dipimpin oleh Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman, SE.Ak,MM dan dihadiri pula oleh Wakil Walikota Banda Aceh, Sekda, para Asisten, para Staf Ahli, para Kepala SKPK, para Kepala Sekolah SD/SMP, Para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga Non PNS dijajaran Pemerintah Kota Banda Aceh.
Adapun tertib acara sebagai berikut:
1. Protokol
2. Laporan Pemimpin Upacara
3. Penghormatan Pasukan
4. Laporan Komandan Upacara
5. Penghormatan Bendera Merah Putih
6. Lagu Indonesia Raya dan Pengibaran Bendera Merah Putih
7. Mengheningkan Cipta
8. Pembacaan Teks Pancasila
9. Pembacaan UUD 1945
10. Sambutan Walikota Banda Aceh
11. Menyanyikan Lagu Wajib: Garuda Pancasila
12. Do’a dan Penutup Acara
13. Laporan Komandan Upacara
14. Penghormatan Pasukan

Dalam Amanatnya Walikota Banda Aceh membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono antara lain:
1. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa, merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

2. Dengan memperingati hari lahir Pancasila, diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

3. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khusus dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

4. Kita semua harus terus-menerus merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara. Kita Indonesia, kita Pancasila.

Upacara berlangsung dengan khidmat, aman dan tertib sampai dengan selesai.[TPKs]