Sabtu (18/04/2020) pukul 09.00 Wib, Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman, SE.Ak,MM bersama Wakil Wali Kota Drs. H. Zainal Arifin dan pimpinan Forkopimda dengan menggunakan Baju Hazmat memimpin operasi penyemprotan disinfektan di jalan-jalan protokol di pusat Kota Banda Aceh diantaranya:

  1. Lokasi pertama yang di semprot disinfektan yaitu Jalan Tgk Chik Pante Kulu, depan Masjid Raya Baiturrahman.
  2. Turut serta dalam kegiatan tersebut sekitar belasan anggota TNI / Polri, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Satpol PP / WH, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banda Aceh, termasuk dua mobil water canon milik Brimob Polda Aceh.
  3. Sebelum penyemprotan disinfektan tersebut terlebih dahulu dilaksanakan apel bersama penanggulangan Covid 19 di halaman balai kota yang diikuti oleh Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kapolresta Trisno Riyanto, Dandim 0101 / BS, Kajari Erwin Desman, serta Wadansat Brimob Polda Aceh Brurry Sukoco.
  4. Hadir pula Sekda Bahagia, para Asisten, Kepala SKPK, dan Kabag di Lingkungan Setdako Banda Aceh.
  5. Pada kesempatan itu, wali kota memberikan simbolis Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari masker, kacamata, baju hazmat, sarung tangan, sepatu, dan alat penyemprot disinfektan kepada petugas. Sementara untuk sembilan camat se-Banda Aceh, walikota juga menyerahkan 4.500 masker kain produksi UMKM lokal untuk disalurkan kepada masyarakat.
  6. Dalam Apel tersebut Walikota Banda Aceh mengatakan: Pemko Banda Aceh terus membantu masyarakat di tengah pandemi Covid 19 seperti : Bantuan untuk disabilitas, pasar murah online, pembebasan tagihan PDAM, dalam waktu dekat, pemko Banda Aceh juga akan menyalurkan 17 ribu paket Sembako dan 100 ribu masker kain kepada masyarakat.[TPKs]W