Ahad, (21/06/2020) Dua perempuan, warga turunan Tionghoa yang beralamat di Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, korban meninggal akibat insiden boat terbalik di perairan Ulee Lheue disebut-sebut bersaudara (adik kakak).

Informasi dari dari Keuchik Gampong Mulia, Syukriadi menyebutkan, kedua korban tersebut adalah Lay Foeng Moy (70) dan Lay Lie Phin (65).

Informasi yang belum mendapatkan konfirmasi langsung dari keluarga korban menyebutkan, Lay Foeng Moy merupakan ibu mertua dari Fuksun (Sumardi), salah seorang pengusaha toko emas di Banda Aceh.

Sedangkan Lay Lie Phin disebut-sebut adik dari Lay Foeng Moy, sehari-hari berjualan sarapan pagi di kawasan Pecinan (Jalan Kartini, Peunayong), Kota Banda Aceh.

Kedua korban beralamat di Jalan Maimun Saleh, Dusun Pocut Meurah Inseun, Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Diinformasikan juga, kedua korban bersama keluarga besar mereka sering piknik ke kawasan Tuan Di Pulo, tak jauh dari daratan Ujong Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono SE MM dalam laporannya yang diterima Serambinews.com menyebutkan, boat yang terbalik itu berpenumpang 9 orang.

Lokasi kejadian di perairan Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Menurut Budiono, sekitar pukul 16.00 WIB, boat tersebut berangkat dari Dermaga Ujong Pancu, Aceh Besar ke Ulee Lheue. Sekitar setengah jam kemudian boat diempas ombak dan terbalik. Tujuh penumpangnya berhasil diselamatkan oleh nelayan yg sedang melintas sedangkan dua orang dilaporkan hilang. Tak lama kemudian pihak Basarnas menerima info kejadian dari Polsek Ulee Lheue. Menjelang pukul 17.00 WIB, Tim Rescue Basarnas Banda Aceh digerakkan ke lokasi menggunakan 1 unit rescue car dilengkapi 1 unit rubber boat dan 1 unit RIB dengan palsar air dan peralatan komunikasi.

Pada pukul 17.00 WIB operasi SAR mencari korban hilang menggunakan searider/RIB dan rubber boat dimulai.

“Dalam waktu tak sampai setengah jam, kedua korban ditemukan di sekitar lokasi kejadian dalam keadaan meninggal dunia. Keduanya dievakuasi ke RSUDZA Banda Aceh,” lapor Budiono.

Identitas korban meninggal, menurut data Basarnas adalah Amoy/perempuan (70) dan Apin/perempuan (65). Keduanya warga Gampong Mulia, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.[TPKs]W

Sharing ke Social Media :