Senin (03/08/2020) Dalam waktu kurang dari dua jam terjadi dua peristiwa kebakaran di Kota Banda Aceh.

Mengutip laporan Pusdalops BPBD Kota Banda Aceh, pada pukul 11.00 WIB terjadi kebakaran rumah berkontruksi kayu (rumah panggung) milik Ummi Sayed di Jalan Tgk Di Anjong, Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh.

Laporan terjadinya kebakaran diterima pertama sekali oleh petugas piket Pusdalops BPBD Banda Aceh dari salah seorang anggota RAPI Banda Aceh melalui radio komunikasi.

Merespons laporan itu, Kalaksa BPBD Banda Aceh, Rizal Abdillah, S.Sos M.Si menugaskan tim piket ke lokasi.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Drs. M Rizha, MM juga menurunkan petugas bersama dua unit armada pemadam dan tiba di lokasi sekitar lima menit setelah menerima laporan. Di lokasi kejadian, tim pemadam bersama sejumlah unsur lainnya langsung melakukan pemadaman. Laporan terakhir, rumah mengalami kerusakan berat dengan tingkat kebakaran mencapai 75 persen.

Seorang saksi mata mengatakan, kebakaran itu berawal ketika anak-anak yang bermain petasan,sehingga petasan terkena bahan mudah terbakar dan api mulai membesar sehingga membakar bangunan rumah berkontruksi kayu itu. Warga yang melihat kejadian tersebut berusaha memadamkan api dan menghubungi pemadam kebakaran.

Tak ada korban jiwa akibat kebakaran itu meski bangunan mengalami rusak berat. Mengenai penyebab kebakaran sedang dalam pengusutan pihak berwajib.

Kebakaran di Punge

Masih menurut laporan Pusdalops BPBD Kota Banda Aceh, sekitar pukul 12.55 WIB kembali menerima informasi terjadi kebakaran.

Kasus berikutnya dilaporkan menimpa rumah milik Ajwar (46), PNS Dinas Peternakan di Jalan Tgk Ibnu, Gampong Punge, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Laporan kebakaran di Gampong Punge diterima petugas piket Pusdalops BPBD Banda Aceh dari salah seorang anggota Tim Pusdalops BPBD Banda Aceh, Nurrahman/ANR melalui radio komunikasi.

Atas perintah Kalaksa BPBD Kota Banda Aceh, Rizal Abdillah, S.Sos M.Si, Tim Reaksi Cepat (TRC) bergerak ke lokasi melakukan pendataan. Bersamaan dengan itu, Kepala DPKP Kota Banda Aceh, Drs. M Rizha, MM mengerahkan personel dan satu unit armada yang tiba di lokasi pukul 13.05 WIB.

Keterangan yang dihimpun tim Pusdalops BPBD Kota Banda Aceh, kebakaran di rumah Ajwar diduga karena arus pendek listrik. Di lokasi kejadian terlihat saklar lampu di plafon terbakar dan potongan saklar beserta kabel terjatuh ke sofa menyebabkan terbakar. Api menjalar ke dinding ruangan namun tak sempat meluas.

Ketika kejadian, pemilik rumah sedang silaturahmi ke rumah tetangga. Mengetahui kejadian tersebut, pihak korban langsung pulang. Warga yang melihat kejadian itu berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menghubungi pemadam kebakaran. Kebakaran menghanguskan sofa, plapon, dan dinding ruangan.

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran di kedua lokasi tersebut dari BPBD Banda Aceh dan Pusdalops, DPKP Banda Aceh, TNI/Polri, TKSK Dinsos Banda Aceh, Tagana, RAPI, masyarakat dan aparat desa setempat, dan tim TRC ERPA.[TPKs]W