Jumat (24/09/2020) pukul 16.15 Wib telah dilaksanakannya Rapat Rutin FPK dengan Agenda Evaluasi Kinerja FPK dimasa Pandemi Covid-19 bertempat di Cafee NA Jln. Cut Nyak Dien  Gp.Lamtemen Timur Kota Banda Aceh peserta rapat dihadiri oleh Drs. T. Samsuar, M.Si (Kaban Kesbangpol), Thantawi Ishak, SH. M.Si (Ketua FPK), Drs. Idrus Hayat, M.Si (Wkl Ketua I), A.Malik Musa, SH. M.Hum (Wkl Ketua II), Zulkifli, S H (Wkl Sekretaris), Mutadi Alga, S.Pd.I (Anggota), Ahmad Muhadin, S.Hi (Anggota)

  1. Pimpinan Rapat Drs T. Samsuar, M.Si ( Kaban Kesbangpol)

Keberadaan FPK di daerah sebagaimana diatur dalam Permendagri No.34 Thn 2006 sangat Strategis dalam upaya membantu pemerintah terselenggaranya pemerintahan yang tertib dan aman, untuk itu sangat dibutuhkan Peran FPK termasuk kondisi bangsa saat ini dengan Pandemi Covid- 19. Kami harapkan FPK dapat memberi pemikiran pemikiran pada Walikota sekaligus mendukung  kebijakannya untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19. Perlu juga kami sampaikan pada Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Kota sudah menganggarkan anggaran untuk program Giat FPK berhubung Pandemi Covid- 19 program Giat tersebut tidak bisa dilaksanakan, kita berdoa Pandemi tidak berkepanjangan, semoga di Tahun  2021 bisa kita laksanakan program Giat FPK dengan maksimal.

2. Thantawi Ishak, SH. MM (Ketua FPK)

Kita dapat memahami kondisi pemerintah saat ini dengan berfocus pd Pandemi, kita harus bisa berbuat dalam kondisi saat ini  dengan mendukung kebijakan pemerintah untuk mengatasi wabah Covid 19, dalam kondisi covid kita tidak boleh berdiam tidak ada alasan menghentikan aktifitas kita. FPK dapat memaklumi  ada kegiatan yang kita program Tahuyn 2020  belum  dapat dilaksanakan berhubung kondisi dan Refocusing Anggaran, walaupun program Giat  FPK  Tahun 2020 terkena realokasi dan penyesuaian  anggaran namun kita  tetap komit mendukung  kebijakan Pemerintah seperti Perwal Kota Banda Aceh No  51 Tahun 2020  dan menyampaikan pada masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan.

3. Drs. Idrus Hayat, M.Si (Wkl Ketua I)

Kita memahami bagaimana repotnya  penanganan covid,  perlu dukungan semua pihak penanganan covid,  tidak hanya pemerintah saja harus adanya dukungan dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Orkemas yang berpengaruh dalam masyarakat. Program Giat FPK kita harapkan dapat terlaksana walaupun tidak maksimal, semoga di Tahun 2021 dengan dukungan Pemerintah Kota Banda Aceh dapat terlaksana dengan baik sehingga bisa memberi konstribusi yang bermanfaat bagi pemerintah Daerah.

4. A. Malik Musa, SH, M.Hum (Wkl Ketua II)

Program dan kebijakan yang dilakukan pemerintah  perlu kita dukung hal ini untuk keselamatan masyarakat, walaupun hari ini kita masih dihadapi permasalahan didunia pendidikan yang belum normalnya proses belajar mengajar. Melalui program dan giat FPK dapat kita menyampaikan saran dan pemdapat, dan kita harapkan Tahun 2021 FPK dpt melaksanakan  Tupoksinya dengan maksimal.

Kesimpulan dan Saran :

– Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Kota Banda Aceh sangat memahami kondisi pemerintah saat ini dan siap mendukung setiap kebijakan untuk ketertiban keamanan dan akan memaksimalkan Tugas dan fungsinya.

–  Perlu disusun program FPK Tahun 2021  yang tepat sasaran  dalam rangka meningkatkan Peran FPK menyikapi perkembangan kondisi sosial masyarakat untuk  memberi kontribusi positif pada Pemerintah Kota Banda Aceh

-Untuk memaksimalkan Penerapan Kebijakan Pemerintah dalam penanganan Covid 19 dibutuhkan dukungan dan melibatkan Tokoh Agama, Pendidik dan unsur lintas terkait dengan menerapkan  Perwal pada seluruh fasilitas publik tanpa terkecuali dengan penerapan Sanksi hukum yang tegas.

Demikian kami sampaikan, rapat terlaksana dengan aman dan tertib dengan tetap mematuhi Prokes.[TPKs]W