Banda Aceh – Warga Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh melakukan aksi unjuk rasa di halaman gedung DPRK Banda Aceh, Kamis (25/05/2023).

Para pendemo menuntut Pj. Walikota Banda Aceh agar mencopot Ibnu Abbas dari jabatan Keuchik Gampong Rukoh.

Dalam gugatan tertulis yang ditandatangani Basri Effendi yang mengatasnamakan diri Koordinator Masyarakat Menggugat, menyebutkan bahwa Ibnu Abbas selaku keuchik gampong dianggap menghambat pembangunan Masjid Jamik Silang Rukoh-Blang Krueng, ditandai dengan tidak bersedianya Ibnu Abbas menandatangani pencairan dana bantuan untuk pembangunan masjid, melarang penempatan celengan masjid di beberapa toko di kawasan Rukoh, mempersulit masyarakat yang ingin berwaqaf untuk masjid, dan menghambat penggalangan donasi untuk pembangunan masjid melalui pesan group WhatsApp (WA) gampong. Bahkan disebut Ibnu Abbas menghapus pesan donasi tersebut serta mengeluarkan orang-orang yang menyebarkan pesan penggalangan dana dari group WA Gampong Rukoh tersebut.

Selain mendesak Pj. Walikota Banda Aceh mencopot Keuchik Rukoh, aksi unjuk rasa ini juga menuntut untuk mencopot Camat Syiah Kuala, karena dianggap melakukan pembiaran sehingga masalah ini menjadi berlaut-larut.

Dari pantauan Tim Kesbangpol di lokasi, jumlah peserta aksi diperkirakan sekitar 100 orang pendemo.

Tampak juga di lokasi Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar dan beberapa perwakilan DPRK lainnya, ada Ramza Harli,  Ilmiza Sa’aduddin Djamal Daniel Abdul Wahab dan Isnaini.[Sri]

Sharing ke Social Media :