BANDA ACEH – Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh menerima penghargaan implementasi smart city nusantara dari Direktorat Enterprise and Business Service PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, di Tangerang Selatan, 30 Oktober 2017. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian dengan kriteria connectivity, content, collaboration, dan community.

 

General Manager (GM) Wilayah Telkom Aceh, Subhan kepada Serambi, Senin (4/12) menyampaikan dari 512 kabupaten/kota di Indonesia yang dinilai, hanya 52 kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan atas keberhasilannya memanfaatkan Information Communication Technologies (ICT) dalam pengelolaan pemerintahan/kabupaten/kota. “Sedangkan di Aceh, hanya Pemerintah Kota Banda Aceh yang memperoleh penghargaan ini,” ujarnya. Subhan menyebutkan atas perolehan penghargaan tersebut, pihaknya memberikan empat layanan Smart City Telkom kepada Pemko Banda Aceh, yaitu layanan hyciti atau info wisata layanan, e-pelaporan lite, layanan Wifi ID managed service sepuluh access point, dan layanan solusi managed content wifi (customisasi content welcome page pada Wifi ID).

 

Sementara itu, Asisten II Setdako Banda Aceh, Iskandar mengatakan penghargaan itu menjadi motivasi kepada Pemko untuk lebih meningkatkan transformasi ke arah digital untuk lebih mempermudah layanan kepada masyarakat.

 

“Kita komit untuk menjadi daerah yang berkembang, maka IT yang harus dikuasai. Dengan IT kita dapat lebih mudah mempromosikan daerah,” ujarnya.

Ia menambahkan selama ini sepuluh acces point sudah tersebar di berbagai titik, umumnya public service, seperti Taman Sari, Museum, Tsunami, PLTD Kapal Apung, dan objek wisata lainnya. “Layanan ini dapat mempermudah konektivitas apabila ada pendatang, karena akses internet di lokasi itu dapat dimanfaatkan,” demikian Iskandar. (Sumber : Serambi Indonesia)