Melalui Sosialisasi Pemahaman Belneg, Kaban Kesbangpol Banda Aceh Ajak Generasi Muda di Banda Aceh menjadi Penggerak Pembangunan Berwawasan Kebangsaan, Berakhlak Mulia dan Menjunjung Tinggi Nilai Syariat Islam

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banda Aceh, Kamis 19 Juli 2018 menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemahaman Bela Negara yang diikuti oleh 100 peserta terdiri dari unsur Remaja Mesjid dan Ormas Kepemudaan Gampong dalam Wilayah Kota Banda Aceh.

Acara dibuka secara resmi oleh Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM. Aminullah mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banda Aceh yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan pemahaman terhadap bela negara dan rasa cinta kepada tanah air dalam mempertahankan NKRI secara optimal dari segala bentuk ancaman baik berupa ancaman militer maupun ancaman non militer. Lebih lanjut Aminullah berharap peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan serius sehingga ilmu dan kepahaman yang diperoleh nantinya dapat diimplementasikan dalam segala aspek kehidupan pada seluruh komponen masyarakat Kota Banda Aceh.

“Sosialisasi ini sangatlah penting untuk meningkatkan jiwa patriotisme pada diri kita semua dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia”, demikian ujar Aminullah.

Adapun yang menjadi narasumber pada sosialisasi ini yaitu Kolonel Inf Mulyono Syah SSos dari unsur Kementerian Pertahanan RI Perwakilan Provinsi Aceh, Syarifuddin Bantasyam SH dari unsur Akademisi dan Faisal SSTP dari unsur Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh.

Faisal SSTP mengemukakan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu dalam rangka untuk meningkatkan mutu Pemahaman Bela Negara bagi setiap anak bangsa khususnya masyarakat Kota Banda Aceh sehingga menjadi penggerak pembangunan berwawasan kebangsaan yang berkualitas, berakhlak mulia serta bermartabat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Syariat Islam serta membangun karakter masyarakat Kota Banda Aceh yang mencintai NKRI.

“Wujud mencintai NKRI salah satunya yaitu mencintai lingkungan tempat tinggal dimana kita berdomisili”, ujar Faisal.

Lebih lanjut Faisal menegaskan kegiatan ini sengaja melibatkan peserta dari Remaja Mesjid dan Ormas Kepemudaan Gampong dalam rangka mendukung Visi dan Misi Pemerintah Kota Banda Aceh yaitu Mewujudkan Banda Aceh Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah.

Hadir pada pembukaan acara antara lain Staf Utama Perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Aceh, Kolonel Laut Joni Agoesta MM, Danramil 013 Kuta Alam, Kapolsek Kuta Alam, Camat Kuta Alam, para Kepala SKPK di Lingkungan Pemko Banda Aceh, rekan pers dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini berjalan aman dan tertib. Ditutup oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, Faisal SSTP dengan materi akhir ‚ÄúPemahaman Wawasan Kebangsaan”. [Sri Wahyuni]