Pada hari Rabu 25 Juli 2018 jam 09.00.Wib. telah dilaksanakan  Kegiatan Pengukuran/Evaluasi Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara se- Prov Aceh Thn 2018 di Aula Kesbangpol    Provinsi Aceh Acara tersebut di hadiri oleh :

  1. Kaban Kesbangpol Prov Aceh (Drs Mahdi Efendi)
  2. DItjen Pothan Kemenhan RI yang diwakili
  3. Endang Purwaningsih, M.SI ( Kasubbdit Lingkungan Pemukiman Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan RI dan rombongan
  4. Unsur KODAM IM
  5. Unsur POLDA Aceh
  6. Para pejabat Pelaksana Tugas Pokok Perwakilan Kemenhan RI Prov Aceh  ( Kol. Joni Agusta)
  7. Para Kepala SKPA Prov Aceh Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh diwakili Kabid Bina Idiologi Wasbang dan Pembinaan Karakter Bangsa (Zulkifli,SH),
  8. 140 (seratus empat puluh) orang  Para Kader  Bela Negara se- Provinsi Aceh

Sambutan Kaban

Kesbangpol Aceh (Drs. Mahdi Efendi) menyampaikan;

Rasa Hormat dan terimakasih kepada Dirjen Pothan  beserta jajarannya atas dukungan dan kerja samanya dalam rangka  terlaksananya kegiatan  pengukuran/evaluasi Kader Bela Negara di Provinsi Aceh, karena masalah Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemenhan dan TNI semata, akan tetapi mejadi tanggung jawab kita semua  sebagai warga negara apapun profesinya.

Pada kesempatan ini kami juga meyampaikan bahwa pemerintah Aceh  melalui Kesbangpol Aceh yang bekerjasama dengan Kesbangpol Kab/Kota serta Kemenhan RI telah melaksanakan kegiatan  pembentukan Kader Bela Negara di Provinsi Aceh semenjak Thn 2015 s/d 2017 dengan jumlah  595 peserta.

Sambutan Ditjen Pothan Kemenhan RI yang disampaikan oleh Dra. Endang Purwaningsih, M.Si (Kasubdit Lingkim Dit Bela Negara Ditjen Kemhan) Menyampaikan antara lain;

Bahwa kegiatan ini merupakan implementasi Kepmen Pertahanan  NO. KEP/1182/M/XI/2015 Tentang Pengukuran Pembinaan Kesadaran  Bela Negara (PKBN), Bertujuan untuk meperoleh gambaran secara menyeluruh berkaitan dengan penanaman nilai- nilai Bela Negara melalui kegiayan  PKBN,  agar dapat digunakan sebagai  Rekomendasi/masukkan bagi penyusunan kebijakan dalam rangka kebijakan penyempurnaan  kualitad penyelenggara PKBN selanjutnya.

Melalui kegiatan ini kami melaksanakan pengumpulan data melalui dua metode yaitu pengisian kuesioner dan dan wawancara guna menjaring informasi dan  persepsi para responden tentang pelaksanaanPKBN di Prov Aceh Khususnya di Banda Aceh untuk Menggali dan menghimpun masukkan dan ide kreatif dan inovatif tentang Penyelenggaraan PKBN yang lebih efektif dimasa  akan  datang

Melakukan Wawancara dengan utusan perwakilan Angkatan Bela Negara thn 2015- 2017 oleh pejabat Ditjen Pothan Kemenhan RI untuk mendapakan masukkan dan pemikiran- pemikiran juga kendala sebagai bahan Rekomendasi untuk ditindak lanjuti  oleh Kemenhan RI.

Kegiatan diakhiri dengan Pengisian kuisioner oleh Kader Bela Negara dan diskusi tanya jawab dengan Pejabat Dit Pothan Kemenhan RI.