Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM Selasa (31/07/2018) sekira pukul 10.20 WIB menerima kirab Obor Asian Games 2018 di Museum Rumoh Aceh Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh.

Kehadiran rombongan yang dibawa oleh Bupati Aceh Besar, Ir Mawardy Ali itu menandakan  dimulainya kirab obor atau Torch Relay mengelilingi Kota Banda Aceh dengan jarak tempuh 10 kilometer.

Adapun rute yang akan ditempuh yaitu start dari Rumoh Aceh menuju Museum Tsunami, berbelok ke arah Mesjid Raya Baiturrahman menuju Simpang Lima, lanjut ke Stadion H Dimurtala dan finish di kantor Gubernur Aceh.

Dalam sambutannya, Aminullah mengaku gembira dan bangga serta memberi apresiasi kepada pihak sponsor atas terselenggaranya kegiatan ini di Banda Aceh. Aminullah juga berharap bagi warga Kota Banda Aceh yang mempunyai kelebihan dari segi finansial untuk mendukung dan menyaksikan langsung pertandingan putra putri Indonesia dalam mengharumkan nama bangsa pada Asian Games di Palembang nanti.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Aceh dan warga Kota Banda Aceh khususnya untuk mendukung penuh Asian Games ke 18 yang berlangsung di Indonesia, di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang,” ucap Aminullah.

Selain itu , Aminullah juga mengharapkan dengan adanya Torch Relay Asian Games di Banda Aceh dapat mempromosikan Kota Banda Aceh baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Sebagai ajang promosi pariwisata untuk Banda Aceh, melalui kulinernya dan tempat wisata yang ada di Banda Aceh, ” ujarnya lagi.

Aminullah menjelaskan bahwasanya Asian Games bukan hanya milik Kota Jakarta dan Palembang saja melainkan milik seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia dan berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam Asian Games ke 18. “Sekali lagi kita semua mari mendukung dan kami sangat berharap Indonesia dapat menjadi juara umum dalam Asian Games 2018,” tutup Pak Wali.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Wakil Walikota Banda Aceh Drs Zainal Arifin, Ketua DPRK Banda Aceh Arief Fadhilah, Kapolresta Banda Aceh, Dandim 0101/BS, Kajari Banda Aceh, Para Kepala SKPK Banda Aceh, Perwakilan INASGOC (Hasani Abdul Ghani), CEO Wilayah Medan BNI (Novy Harry), Komisaris BNI (Ahmad Fikri Assegaf), VP Marketing Communication BNI (Grace Situmorang), rombongan INASGOC dan para peserta Torch Relay Banda Aceh.

Setelah tahapan kirab usai di Kota Banda Aceh, berikutnya obor Asian Games akan kembali ke Lanud Sultan Iskandar Muda untuk melanjutkan penerbangan ke Danau Toba, Sumatera Utara.

Kegiatan Torch Relay Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Kota Banda Aceh berjalan dengan aman dan tertib. Warga kota tampak memadati lokasi berlangsungnya acara bahkan memenuhi ruas-ruas jalan sepanjang rute perjalanan Obor Asian Games.

Tim dari Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh telah mengikuti dan memantau jalannya kegiatan Torch Relay Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Banda Aceh. (Sri Wahyuni)

Kaban Kesbangpol , Faisal SSTP pada acara Torch Relay Asian Games 2018 di Banda Aceh