Kamis, 09 Agustus 2018, Walikota Banda Aceh yang diwakili oleh Asisten III Bapak Drs. Tarmizi Yahya, MM membuka secara resmi Pembukaan Sosialisasi Pengendalian Penanaman Modal dan Pelatihan Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Online yang dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Banda Aceh, para Kepala SKPK (diwakili), para Pengusaha dan Pelaku Usaha serta Aparatur Pemerintah Kota Banda Aceh di Aula Pemko Lantai IV Gedung A Mawardy Nurdin Kota Banda Aceh

Pembukaan Sosialisasi Pengendalian Penanaman Modal dan Pelatihan Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Online. Dalam hal ini Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Banda Aceh mengatakan penanaman modal adalah segala bentuk kegiatan menanam modal, baik oleh penanam modal dalam negeri maupun penanam modal asing, untuk melakukan usaha di wilayah Negara Republik Indonesia. Pemantauan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan pelaksanaan penanaman modal yang telah mendapat perizinan penanaman modal, sedangkan pembinaan adalah kegiatan bimbingan kepada penanam modal untuk merealisasikan penanaman modalnya. Pengawasan adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan guna mencegah dan mengurangi penyimpangan terhadap ketentuan pelaksanaan penanaman modal dan penggunaan fasilitas penanaman modal. Pembinaan juga meliputi fasilitasi penyelesaian masalah/hambatan atas pelaksanaan kegiatan penanaman modal.

Laporan LKPM oleh perusahaan dilakukan sebanyak dua kali setahun yakni pada bulan Januari dan bulan Juli. Manfaat LKPM bagi pemerintah yakni sebagai alat pengendalian dan legalitas usaha, penghitungan realisasi investasi,dan feedback pengambilan kebijakan Pemerintah. Sedangkan bagi pengusaha bermanfaat sebagai laporan kondisi riil investasi, perijinan dan produksi perusahaan serta untuk pengurusan izin-izin selanjutnya seperti Izin Perluasan dan  Izin Usaha Tetap. Dengan membuat laporan secara berkala, Pemerintah dapat memantau dan mengawasi perkembangan penanaman modal sehingga apabila  ada kendala dapat dilakukan pembinaan.

Acara Pembukaan Sosialisasi Pengendalian Penanaman Modal dan Pelatihan Penyusunan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) Online di Aula Pemko Lantai IV Gedung A Mawardy Nurdin Kota Banda Aceh berjalan dengan aman dan tertib.