Sabtu pagi (18/8/2018) Ribuan warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya menyesaki lapangan Blang Padang, lokasi start Pawai Budaya dan Karnaval Mobil Hias dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini dilepas Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM. Saat mengangkat bendera start tanda pawai dimulai, Walikota turut didampingi istri, Hj Nurmiaty AR dan Kadispora Aceh, Darmansyah MM serta Kadispora Kota Banda Aceh, Hamdani. Peserta yang mengikuti event ini yakni 186 regu dari SD, SMP dan SMA dengan menggunakan pakaian adat dan sejumlah pakaian profesi. Sementara mobil hias yang mengikuti event ini berjumlah 36 mobil, berasal dari sejumlah instansi. Di sepanjang rute yang dilalui, peserta pawai disambut ribuan warga yang berdiri berjejer di pinggir jalan mulai start hingga finish kembali di panggung utama Blang Padang. Meski cuaca Banda Aceh panas, tapi masyarakat tidak beranjak dari tempatnya menyaksikan pawai dan karnaval ini hingga selesai.

Wali Kota Banda Aceh menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan ini. Apresiasi juga diberikan kepada ribuan warga kota yang terlihat antusias menyaksikan kegiatan ini. Kata Aminullah, selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI, event pawai budaya menjadi sarana dalam memperkenalkan budaya Aceh. “Kita memiliki budaya yang luar biasa, ini potensi kita dalam memajukan daerah,” kata Aminullah. Dirinya menyambut positif event ini berlangsung karena menjadi ajang silaturrahmi sesama warga kota. Selain itu, ia juga melihat kegiatan yang melibatkan ribuan warga itu dapat membangkitkan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan daya beli masyarakat. Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyampaikan harapannnya di usia kemerdekaan RI yang sudah 73 tahun.

“Sudah 73 tahun Indonesia merdeka, kita patut bersyukur. Semoga bangsa ini semakin maju dan rakyatnya semakin sejahtera kedepan,” harap Aminullah. Usai melepas start, Aminullah dan istri, Kadispora Aceh, Darmansyah MM, Kadispora Kota, Hamdani dan sejumlah Kepala SKPA dan SKPK menaiki salah satu mobil hias menuju panggung kehormatan di depan Pendopo Gunernur Aceh.[TPKs]