Banda Aceh – Ribuan siswa di Banda Aceh mengikuti pawai menyemarakkan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah. Peserta pawai dilepas Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman, di Lapangan Blang Padang, Selasa (11/9/2018) pagi.

Pawai tersebut diikuti para siswa PAUD, TK, SD, SMP dan SMA di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Peserta pawai dari SD, SMP dan SMA berjalan kaki dari Lapangan Blang Padang melintasi Jalan Iskandar Muda, Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, Meuligoe Gubernur Aceh, Masjid Raya Baiturrahman hingga arah Jambo Tape, Simpang Lima dan kembali ke Lapangan Blang Padang.

Sedangkan rute untuk siswa tingkat PAUD dan TK berjalan kaki dari Lapangan Blang Padang, Jalan Iskandar Muda, Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, melintasi Meuligoe Gubernur Aceh dan berakhir di Museum Aceh.

Dalam kerumunan para siswa, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman ikut berjalan kaki hingga Meuligoe Gubernur Aceh untuk menyambut peserta pawai, didampingi Wakil Wali Kota Drs Zainal Ariefin, Ketua DPRK Arief Fadhillah, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto SIP, Kapolresta Banda Aceh Trisno Riyanto, Sekdako Ir Bahagia Dipl SE dan para kepala SKPK di Lingkungan Pemko Banda Aceh.

“Ini merupakan momentum bagi umat Islam untuk perubahan, tentunya harapan kita bersama dengan memasuki tahun baru Islam ini harus ada perubahan dan peningkatan dari kekurangan pada tahun sebelumnya. Terutama sekali dari segi keimanan kita serta bertakwa kepada Allah SWT. Itu harus ditingkatkan,” kata Aminullah kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Aminullah mengatakan, Pemko Banda Aceh akan melaksanakan penegakan syariat Islam yang lebih baik lagi untuk ke depan. Karena syariat Islam ini sangat penting ditegakkan dan harus menunjukkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, baik untuk tingkat siswa PAUD hingga SMA dan lainnya.

“Perlu kita tanamkan sejak dini untuk menyelamatkan generasi tersebut, dengan demikian maka in syaa Allah ke depan akan lebih baik lagi atas apa yang diharapkan bersama dalam memajukan Kota Banda Aceh khususnya dan Aceh umumnya,” ujar Aminullah.

Para peserta pawai terlihat antusias dengan membawa berbagai alat peraga serta mengumandangkan syair-syair Islam dan salawat. Terlihat juga ramai warga berdiri di sepanjang rute yang dilalui para peserta pawai tersebut. [sri]