Selasa (30/10/2018) Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh pukul 09.00 Wib, menggelar pembukaan acara Sosialisasi Pembinaan Karakter Bangsa di Kota Banda Aceh Tahun 2018 di Aula SKB Lampineung Banda Aceh. Dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu kepada Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Karakter Bangsa dan Keputusan Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh No. 24 Tahun 2018 tentang Pembentukan Tim Teknis Penyelenggaraan Sosialisasi Pembinaan Kar akter Bangsa.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu: (1) Membentuk dan membangun manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) Mematuhi aturan hukum, memelihara kerukunan baik internal maupun eksternal umat beragama, melaksanakan interaksi antar budaya, menerapkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, (3) Memiliki kebanggaaan sebagai bangsa Indonesia dengan memantapkan landasan spiritual, moral dan etika pembangunan bangsa.

Acara yang dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh, diwakili Asisten I Setdako Bachtiar S.Sos itu diikuti oleh 100 orang peserta dari unsur Da’i Kota Banda Aceh, Remaja Mesjid Kota Banda Aceh, Tokoh Pemuda Gampong, Persatuan Pemuda Gemilang (PPG) Kota Banda Aceh, Tokoh paguyuban, Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Tokoh Perempuan di Kota Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh melalui sambutan yang dibacakan Bachtiar, berharap kepada peserta agar fokus terhadap materi-materi yang disampaikan oleh nara sumber dan dapat memahami jati diri bangsa dan pentingnya pembangunan karakter bangsa, khususnya warga kota Banda Aceh sehingga menjadi individu yang memiliki karakter yang beriman, bertaqwa, jujur, amanah, adil, tertib, taat hukum, bertanggung jawab, berempati, berjiwa patriotik serta mampu mengantarkan Banda Aceh menuju Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah.

Bachtiar juga menambahkan, pembinaan karakter bangsa berawal dari pembentukan dan pembinaan karakter keluarga, lingkungan dan terakhir baru kebangsaan.

Sosialisasi pembinaan karakter bangsa di kota Banda Aceh tahun 2018 ini dijadwalkan berlangsung selama 2 hari (30-31 Oktober) dengan menghadirkan nara sumber dari unsur Polresta Banda Aceh, unsur Akademika dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Banda Aceh.

Kegiatan sosialisasi pembinaan karakter bangsa di kota Banda Aceh tahun 2018 sedang berlangsung dengan aman dan tertib.[TPKs]