FPK Banda Aceh Saweu Sikula

Banda Aceh – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Banda Aceh yang beranggotakan 11 tokoh masyarakat lintas agama, etnis dan paguyuban dan telah dikukuhkan oleh Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM pada tanggal 25 September 2018 mulai menunjukkan eksistensinya.

Meski usianya terbilang seumur jagung, forum yang diketuai oleh Thanthawi Ishak mantan Sekda Aceh ini mulai melakukan upaya-upaya konkrit, konfrehensif dan terprogram dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di Kota Banda Aceh.

FPK Banda Aceh, difasilitasi Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, Senin (12/11) menggelar sosialisasi pembauran kebangsaan melalui program Saweu Sikula bagi siswa/i SMA Sederajat dalam wilayah Kota Banda Aceh melalui upacara bendera Senin. Sekolah yang dituju yaitu MAN Model, SMA Khatolik, SMAN 12 dan SMAN 3 Banda Aceh.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan dan memberi pemahaman kepada kader anak bangsa untuk mengawal persatuan dan kesatuan bangsa yang utuh dalam bingkai NKRI, sehingga melahirkan generasi penerus bangsa yang menjungjung tinggi nilai-nilai luhur dan mampu mengembangkan semangat kebersamaan, solidaritas, gotong royong dan keharmonisan.

A. Malik Musa SH,MH wakil ketua 2 FPK Kota Banda Aceh mendapat kesempatan menjadi nara sumber/inspektur upacara di SMA 12 Banda Aceh.

Di hadapan kepala sekolah, dewan guru dan siswa/i, Malik Musa berharap kepada semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan agar bersinergi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing lulusan di Kota Banda Aceh.

“Generasi muda di Kota Banda Aceh harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan globalisasi, untuk disesuaikan dengan nilai luhur bangsa, lebih khusus lagi dengan nilai keAcehan,” ujar Malik.

“Pendidikan karakter perlu ditingkatkan walaupun tanggung jawab orang tuanya lebih besar, tapi guru punya kesempatan menanamkan pendidikan karakter di sekolah,” lanjutnya.

Selain nara sumber turut hadir dalam sosialisasi tersebut dua anggota FPK lainnya yaitu Muhammad Husen S.Pd (Pangkaum Barat Selatan) dan Mustadi Alga S.Pd.I (Tokoh Alas Gayo) didampingi Sri Wahyuni,SE dari unsur Kesbangpol Banda Aceh.

Sosialisasi Pembauran Kebangsaan Saweu Sikula oleh FPK Kota Banda Aceh di SMA Negeri 12 Banda Aceh berjalan sukses, upacara juga dirangkai dengan penyerahan piala bagi siswa/i yang berhasil meraih juara 2 dan 3 Lomba Lukis Cup Kopi yang diadakan oleh Indomaret beberapa waktu lalu. Sesuai motto SMA Negeri 12 “Tiada Upacara tanpa Prestasi”. [SW]