Ahad, (18/11/2018), Telah berlangsung Peresmian Pencanangan Gampong Ramah Anak,Forum Anak dan Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK-R) Gampong Lampoh Daya Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh di Lapangan depan Kantor Camat Jaya Baru Kota Banda Aceh.

Lampoh Daya merupakan gampong (Desa) yang berada di wilayah Kota Banda Aceh. Gampong ini terletak di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Namun Gampong ini menjadi yang terdepan dicanangkan sebagai gampong ramah anak di Banda Aceh. Saat ini Lampoh Daya tercatat sebagai gampong ramah anak Ketiga setelah Gampong Lamjabat dan Gampong Lampaloh.

Peresmian Pencanangan Gampong Lampoh Daya ini sebagai Gampong Ramah Anak dilakukan oleh WaliKkota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM. Pelepasan balon dilakukan oleh Walikota Banda Aceh bersama Bapak Sekda/ibu, Wakil Ketua TP. PKK, Kepala DP3AP2KB, Muspika Kecamatan Jaya Baru, Para Keuchik Se-Kecamatan Jaya Baru, Para Imum Gampong dan Keuchik Gampong Lampoh Daya dan juga bersama dengan puluhan anak-anak gampong tersebut.

Mengawali sambutan, Walikota Banda Aceh Mengatakan Gampong Lampoh Daya ini merupakan Gampong yang Ke-3 yang dijadikan sebagai Gampong Ramah Anak, setelah Gampong Lamjabat dan Lampaloh.  Dan tentunya kita berharap,seluruh Gampong di Kota ini dapat menjadi percontohan Gampong Ramah Anak bagi 23 Kabupaten/Kota di Aceh, bahkan di Indonesia.

Kami juga berharap instansi terkait untuk terus melakukan sosialisasi gerakan perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat di 18 Gampong dalam 9 kecamatan.

Semoga dengan upaya tersebut seluruh Gampong di kota ini menjadi Gampong ramah anak. Dan hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 yang kemudian diperbarui dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak, dengan harapan kedepan ada puluhan Gampong berikutnya di tetapkan sebagai Gampong ramah anak.

Selanjutnya, Walikota Banda Aceh mengatakan anak merupakan kader generasi masa depan bagi Bangsa ini. Oleh sebab itu,penting bagi setiap orang tua termasuk guru untuk membentuk karakter anak kearah yang positif.

Di sela-sela akhir kata Walikota Banda Aceh meneruskan meminta setiap orang tua melakukan pengawasan terhadap anak agar tidak menjadi Trafficking, pelecehan seksual, dan juga bahaya peredaran narkoba. Begitu juga kepada aparat Gampong serta pihak berwajib untuk mejalankan fungsi pengawasan sehingga setiap anak dipastikan mendapat perlindungan yang layak.

Alhamdulillah, Kota Banda Aceh juga telah mendapat beberapa penghargaan terkait Gampong ramah anak.Seperti, penghargaan Kota layak anak kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI yang mana ini kedua kalinya sejak tahun 2017, Fatar Award untuk Kategori Penghargaan Pemerintah Kota serta Sahabat Anak dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh dan terbaik pertama Pencatatan kasus kekerasan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh.

Harapan kita penghargaan ini bukan hanya sekedar seremonial saja, jadikan ini sebagai semangat kita bersama untuk membangun Kota Banda Aceh lebih baik lagi.

kegiatan Peresmian Pencanangan Gampong Ramah Anak, Forum Anak dan Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK-R) Gampong Lampoh Daya Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh yang dimulai sekira pukul 09.30 Wib berlangsung alot, tertib dan lancar sesuai harapan dan berakhir tepat menjelang waktu Dhuhur.[TPKs]

Sharing ke Social Media :