Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM membuka secara resmi Seleksi Olimpiade Pecinta Qur’an tingkat Provinsi Aceh yang pembukaannya dilaksanakan di Masjid Al Mukarramah, Kampung Mulia Banda Aceh. Kegiatan ini digelar oleh pengurus komunitas One Day One Juz (ODOJ) Aceh. Dalam sambutannya, Aminullah mengaku gembira dan bangga karena event ini digelar di Banda Aceh. Kami yakin kegiatan seperti ini wahana yang sangat tepat dalam meningkatkan pengetahuan generasi muda akan pentingnya membaca Al-Qur’an serta mengamalkannya,” ujar Aminullah. Kegiatan ini sejalan dengan cita-cita Pemerintah Kota Banda Aceh dalam membumikan Al-Qur’an. Karena, pemahaman yang baik terhadap Al-Qur’an akan menjadi energi dahsyat dalam peningkatan produktifitas masyarakat. Kecintaan terhadap Al-Qur’an juga harus dikuatkan dengan mencoba meningkatkan jumlah hafalan terhadap ayat-ayat Allah. “Kita ingin anak-anak kita memasukkan Al-Qur’an kedalam hati mereka sebagai cara membentengi diri. Ketika mereka tumbuh besar, kelak mereka menjadi pemimpin yang selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an. Aminullah berharap, seleksi olimpiade pecinta Al-Qur’an ini nantinya akan melahirkan keluarga Qur’ani sehingga visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah akan segera terwujud.

Kepada panitia, Walikota berharap proses seleksi dilakukan secara serius dan objektif sehingga mendapatkan hasil yang benar-benar berkualitas, dan memilih insan Qur’ani yang dapat mengharumkan nama Provinsi Aceh di kancah Internasional.

Laporan dari Ketua Panitia, Rifa’i, kegiatan ini diikuti oleh 105 anak dari seluruh Aceh. Kegiatan ini akan memilih peserta terbaik untuk diikutsertakan pada olimpiade tingkat Internasional yang akan berlangsung di Lombok, NTB, September nanti. Ada beberapa katagori yang dilombakan, yakni Hafiz, Tafsir dan Tilawah.