Banda Aceh  – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, masalah keamanan merupakan salah satu kebutuhan yang terpenting bagi masyarakat, sehingga kewaspadaan dini tidak hanya dilakukan oleh pihak berwajib melainkan masyarakat juga harus ikut mengambil peran.

Wali Kota mengungkapkan hal itu dalam sambutan tertulis diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, T.Samsuar, ketika membuka Sosialisasi Kewaspadaan Dini Masyarakat Kota Banda Aceh belangsung di Aula SKB Lampineung Banda Aceh, Selasa (12/11/2019).

Selain itu, sebut T. Samsuar, kewaspadaan masyarakat merupakan kondisi kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana. Baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana yang diakibatkan oleh ulah manusia sendiri.

“Karenanya, sosialisasi ini merupakan suatu langkah yang sangat positif bagi kita bersama dalam membangun sikap kesiapsiagaan untuk menghadapi berbagai bencana/musibah yang dapat terjadi pada kondisi apapun di sekitar kita dan ini patut kita dukung sepenuhnya demi melahirkan sikap kewaspadaan kita,” ujarnya.

Sementara Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, Fadhil, dalam laporannya mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan peran serta aparatur dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini.

Sehingga, dapat mengantisipasi terjadinya kerawanan yang dapat menciptakan gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam wilayah kota Banda Aceh, sebut Fadhil.

Sosialisasi Kewaspadaan Dini diikuti 50 orang peserta dari unsur kecamatan di wilayah kota Banda aceh, menampilkan nara sumber dari Polres Kota Banda Aceh, Ketua FKDM Banda Aceh dan Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh.[TPKs]