Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh berhasil memadamkan api yang membakar semak belukar di kawasan Lamjame, tepatnya di belakang asrama polisi, Kamis (14/10/2021).

Peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan  terjadi pukul 12.05 WIB. Menurut informasi yang didapati oleh petugas di lapangan, menyatakan bahwa saksi atas nama Riski yang merupakan personil Polsek Jaya Baru melihat kepulan asap membumbung tinggi dari arah belakang asrama polisi Lamjame, dugaan sementara api berasal dari adanya pembakaran sampah yang tidak di awasi. Selanjutnya Riski menghubungi pihak pemadam untuk bantuan pemadaman api karena dikhawatirkan akan menjalar ke perumahan asrama.

Saat menerima informasi kebakaran via telpon, Pelaksana tugas Kepala DPKP Kota Heru Triwijanarko, S.STP, M.Si segera menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam. Tiga menit setelah menerima pengaduan, 1 (satu) unit posko induk tiba di lokasi didukung 2 (dua) unit armada pemadam kebakaran Kabupaten Aceh Besar.

Petugas dan armada langsung melakukan penyiraman dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 12.12 WIB. Setelah dilakukan upaya pendinginan petugas dan armada kembali ke pos masing-masing.

Dalam proses pemadaman tersebut turut dibantu oleh Kepolisian Sektor Jaya Baru, dibackup Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat untuk pengamanan di lokasi kejadian.

Petugas melakukan pemadaman api yang membakar semak belukar di kawasan Lamjamee, Kamis (14/10/2021).

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, diketahui penyebab kebakaran berasal dari pembakaran sampah. (Sri)