Meulaboh – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banda Aceh, diwakili Sekretaris Badan Ir Yustandar dan Kabid Bina Ideologi Wasbang dan Karakter Bangsa Zulkifli SH berserta Staf Indrawati SKM, menghadiri acara Kongres Santri Pancasila Se-Aceh di Gedung Olah Raga dan Seni (GOS), Sabtu 13 November 2021,yang dipusatkan di Meulaboh, Aceh Barat.
Acara yang diselengarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tersebut bertujuan untuk meningkatkan penguatan dan pembumian Pancasila di bumi NKRI, yang selama ini nilai nilai Pancasila dipandang telah memudar dalam kehidupan berbangsa.
Kongres Santri Pancasila tersebut dibuka oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, diwakili Kepala BPIP RI Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PHd.
Dalam amanat pembukaan Konggres yang disampaikan Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PHd, ia meminta kepada ulama dan santri untuk menjadi pengawal terdepan dalam menjaga keutuhan Pancasila sebagai Ideologi dan Pemersatu Bangsa.
Peserta konggres terdiri dari ulama dan para santri Se-Aceh, Badan/Kantor Kesbangpol Se-Aceh, MPU Se-Aceh, MPD Se-Aceh, Dinas Dayah Se-Aceh, Dinas Syariat Islam Se-Aceh, Jajaran DPRA, Nahdatul Ulama Se-Aceh, Jajaran DPRK Aceh Barat, Rabithah Taliban Aceh, Forkopimda dan Kepala SKPK Se-Aceh Barat, bupati/walikota, Pejabat Lingkup Provinsi Aceh, Kemenag Aceh, wartawan dan tokoh masyarakat.
Bupati Aceh Barat, H Ramli MS dalam sambutannya mengatakan, bahwa pelaksanaan Kongres Santri Pancasila tersebut merupakan usulan gagasan dari kalangan ulama, santri, tokoh masyarakat dan Pemuda Aceh Barat.
“Ulama dan santri terpanggil mengingat lahirnya NKRI tidak terlepas dari peran ulama dan santri melalui pekikan Allahu Akbar mengusir penjajah, dan Pancasila sebagai Idiologi Negara menjadi pemersatu bangsa, oleh karena itu perlu pembumiaan Pancasila dimulai dari Aceh hingga ke Papua nantinya”, Ucap Ramli.
Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh Ir Yustanidar, saat dikonfirmasi Senin (15/11/2021) di ruang kerjanya mengatakan, sesuai arahan Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol bahwa melalui Konggres Santri Pancasila yang diikutinya tersebut, Kesbangpol selaku SKPK terkait diharapkan mampu aktif mengkomunikasikan program pembumian Pancasila kepada masyarakat di Kota Banda Aceh.
“Kalau kita Kesbangpol melalui optimalisasi forum-forum yang ada di dinas kita untuk membumikan Pancasila sebagai perekat dan pemersatu bangsa” ujar Yustanidar.
Hal ini juga sesuai dengan harapan Bapak Walikota pada saat menerima Audiensi dengan perwakilan BPIP RI beberapa waktu lalu, di rumah dinas (Pendopo) Walikota Banda Aceh tepatnya tanggal 28 Oktober 2021.

Dalam Audiensi tersebut Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan siap mendukung upaya dalam rangka membangun integritas Bangsa melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Kota Gemilang tercinta.(Sri)

 

Sharing ke Social Media :