Kota Banda Aceh yang terdiri dari berbagai etnis dan suku, menjadi kota dengan dinamika yang harmonis dan penuh kesejukan. Untuk terus menjaga dan merawat kebersamaan ini dalam tahun anggaran 2018 mendatang Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh akan membentuk Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).

Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh Drs Tarmizi Yahya MM didampingi Kabid Bina Ideologi Wasbang dan Pembinaan Karakter Bangsa Zulkifli SH mengatakan forum ini sangat diperlukan dalam menjaga keberagaman suku dan etnis di Ibukota Provinsi, Banda Aceh.

“FPK nantinya akan diisi dari berbagai pemuka atau tokoh suku bangsa yang  mencerminkan keragaman suku dan etnis yang ada di Kota Banda Aceh,” kata Tarmizi Yahya.

Forum Pembauran Kebangsaan dibentuk berdasarkan Permendagri No. 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah. Disebutkan dalam aturan tersebut, pembinaan pembauran kebangsaan adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah bersama dengan masyarakat untuk terciptanya iklim yang kondusif yang memungkinkan adanya perubahan sikap agar menerima kemajemukan masyarakat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sharing ke Social Media :