Peunayong- Yap Thiam Hien, seorang advokat terbaik yang pernah dimiliki bangsa Indonesia. Seorang pengabdi hukum yang mengabdikan seluruh hidupnya berjuang demi menegakkan keadilan dan hak asasi manusia.

Siapakah dia?

Lahir di Peunayong Kutaraja, Banda Aceh 25 Mei 1913. Ia meninggal dunia pada 25 April 1989 di Brussel, Belgia dalam suatu perjalanan tugas menghadiri Konferensi Internasional Lembaga Donor untuk Indonesia. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai advokat berhati baja yang memperjuangkan prinsip-prinsip hukum berkeadilan dan Hak Asasi Manusia. Yap Thiam Hien memiliki reputasi sebagai advokat bersih dan berpengetahuan luas. Ia membela kaum tertindas tanpa diskriminasi.

Sejak 1992, nama Yap diabadikan menjadi penghargaan paling bergengsi di Indonesia dalam pembelaan hak asasi, Yap Thiam Hien Award.

Yap memiliki keunikan. Kepada setiap klien, ia mengatakan, “Jika saudara hendak menang berperkara, jangan pilih saya sebagai pengacara Anda karena pasti kita akan kalah. Tetapi, jika saudara merasa cukup dan puas menemukan kebenaran Saudara, saya mau menjadi pembela Saudara.”

Gampong Peunayong patut berbangga, Yap kerap disebut-sebut sangat bangga sebagai putra kelahiran Peunayong. Kepopuleran Yap dalam pentas advokat dan hak azasi manusi ikut membesarkan nama Peunayong.

Editor : Hasnanda Putra

Sharing ke Social Media :