Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, Selasa (28/8/2018) menggelar acara Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat Tahun 2018 bagi Pelajar SMA/Sederajat Se-Kota Banda Aceh, bertempat di Aula SKB Lampineung Banda Aceh.

Dasar pelaksanaan kegiatan merujuk kepada UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Permendagri No. 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan Keputusan Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh No. 16 Tahun 2018 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggaraan, Tenaga Ahli/Narasumber dan Moderator Kegiatan Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat Tahun 2018.

Acara dimulai sejak pukul 9.30 Wib dan dijadwalkan berlangsung satu hari penuh, dibuka oleh Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM.

Sosialisasi ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari 9 pelajar dari 5 sekolah dan 1 guru pendamping, masing-masing perwakilan dari SMA 2 Banda Aceh, SMA 3 Banda Aceh, SMA 7 Banda Aceh, SMA Methodist dan SMK Muhammadiyah Banda Aceh.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, Faisal SSTP menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, khususnya bagi generasi muda yaitu untuk membangun karakter anak bangsa yang memiliki rasa solidaritas dan ikatan sosial yang tinggi di dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa di era reformasi, teknologi dan globalisasi.

Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM melalui sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kota Banda Aceh menaruh perhatian serius terhadap tanda-tanda krisis jati diri bangsa di masyarakat, mengingat pentingnya kesadaran yang kuat sebagai upaya untuk memperkokoh jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya, upaya demi upaya terus menerus dilakukan, salah satunya melalui sosialisasi ini.

Lebih lanjut Walikota mengharapkan seluruh lapisan masyarakat di Kota Banda Aceh mampu menjadi masyarakat berkarakter mandiri, berorientasi ke depan serta memiliki integritas dan moralitas yang solid.

Tidak lupa Pak Wali juga mengajak semua yang hadir pada hari ini, untuk memiliki rasa solidaritas dan sosial yang tinggi untuk membantu korban musibah gempa Lombok.

“Pemahaman seperti ini yang kita harapkan tertanam di diri adik-adik pelajar, sebagai pelopor gerakan peduli di sekolah-sekolah,” tutur Pak Wali.

Lebih lanjut menurut Pak Wali, orang yang suka membantu dan peduli terhadap sesama akan melahirkan rasa kepuasan dan ketenangan tersendiri dalam kehidupannya.

“Satu orang saja yang bisa dibantu dalam sehari, ia akan merasa lega, tidak hanya bernilai ibadah di mata Allah namun juga memberi kebahagiaan kepada orang lain,” tutup Pak Wali.

Adapun yang menjadi narasumber pada acara sosialisasi ini yaitu dari unsur Kodim 0101/BS (Mayor Inf Issukandar), unsur Akademisi (Dr Ilham Maulana SSi) dan unsur Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh (Faisal SSTP).

Hadir pada acara pembukaan sosialisasi antara lain para kepala SKPK di Lingkungan Pemko Banda Aceh, Danramil Kuta Alam, Kapolsek Kuta Alam, Camat Kuta Alam dan pegawai Kesbangpol Kota Banda Aceh.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat Kota Banda Aceh Tahun 2018 berjalan aman dan tertib. [sri]

Sharing ke Social Media :