Jum’at, (05/10/2018) pagi telah berlangsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI  yang dilaksanakan di Pelabuhan Container Terminal (CT-3) BPKS Gampong Kuta Bawa Timu, Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, dengan Inspektur Upacara (Irup) Panglima Kodam IM Bapak Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dan Komandan Upacara yakni Letkol Elektronika Ery Transito, Komandan Satuan Radar (Dansatrad) 233 Sabang.

Upacara dihadiri oleh Plt. Gubernur Aceh, Bapak Nova Iriansyah, Kasdam IM, para pejabat Kodam IM, Danlanal Sabang, Danlanud SIM, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud al-Haytar, Mantan Wagub Aceh, Muzakir Manaf serta pejabat SKPA, Walikota Banda Aceh (yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banda Aceh, Bapak Faisal, S.STP), Forkopimda Sabang, para Kepala SKPK Sabang, peserta upacara, unsur Pers dan Media Elektronik.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IM membacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Dalam amanatnya, Panglima TNI mendoakan korban gempa bumi dan Tsunami di Sulawasi Tengah.“Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara kita dalam upaya memulihkan kondisi sebagaimana sedia kala,” kata Panglima Kodam Iskandar Muda.

Pangdam IM menyebutkan, upaya yang telah dilakukan masyarakat Indonesia dan juga TNI, baik dalam bentuk bantuan fisik mau pun doa diharapkan dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan. “TNI bersama komponen bangsa lainnya telah bahu membahu, berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang diderita saudara kita (di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong),” ujar jenderal bintang dua ini.

Lanjut Pangdam, TNI telah mengerahkan personil dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan serta memulihkan sarana prasarana secara bertahap. Apa yang dilakukan TNI di lokasi bencana, merupakan perlambang profesionalisme TNI. Hal itu sesuai dengan tema HUT TNI tahun ini, yaitu “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”.

Tema itu, katanya, mengandung makna bahwa TNI harus senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, pelatihan, persenjataan, Alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara.“Semua itu semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Pangdam IM.[TPKs]

 

Sharing ke Social Media :