Senin (08/04/2019) pukul 08.00 wib s.d 24.00 wib, telah dilaksanakannya Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 tingkat Kota Banda Aceh di Hall Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya Kota Banda Aceh

Dengan Susunan Acara sebagai berikut :

Kata sambutan dari Ketua KIP Kota Banda Aceh (Indra Milwady), dan Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Banda Aceh (Drs. Zainal Arifin)

Ketua Divisi Teknis Kepemiluan KIP Banda Aceh, Hasbullah Yunus mengatakan simulasi dibuat senyata mungkin menggambarkan kondisi di hari H nanti, di mana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, pengawas TPS dan saksi.

“Simulasi kita laksanakan hari ini untuk melihat sejauh mana petugas di lapangan menghadapi situasi riil dan bagaimana efektifitas petugas TPS menghadapi kondisi dan kendala di lapangan,” kata Hasbullah. Simulasi itu melibatkan PPK, PPS, dan petugas KPPS setempat. Simulasi digambarkan dengan TPS 000 dengan jumlah DPT 204 pemilih dengan sampel Desa Lampeuot, Banda Raya. “Kita juga lihat berapa estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih sehingga kita bisa memperkirakan hari pemungutan dan pemungutan nanti dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan,” ungkap Hasbullah.

Sementara Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady dalam sambutannya berharap simulasi yang dilakukan KIP Banda Aceh mampu menjadi tolok ukur kesiapan petugas TPS menjelang hari pemungutan suara. “Kami berharap simulasi hari ini bisa memperkirakan bagaimana kondisi di lapangan saat pemungutan dan penghitungan suara, sehingga petugas nantinya mampu lebih sigap dan terlatih menghadapi kondisi riil 17 April mendatang” ujar Indra.

Sedangkan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin yang hadir dan membuka rangkaian kegiatan simulasi, juga memperagakan tata cara memilih mulai dari memasuki TPS, mencoblos hingga memasukkan surat suara yang telah di coblos ke kotak suara.

Undangan yang hadir diantaranya Forkopimda Banda Aceh, Asisten I Sekretariat Kota Banda Aceh, Para Kepala SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh, Muspika Se-Kota Banda Aceh, Ketua dan PPK Se-Kota Banda Aceh, Ketua dan anggota PPS Se-Kota Banda Aceh, KPPS terpilih Se-Kota Banda Aceh, Ketua Parpol Se-Kota Banda Aceh dan Masyarakat Kota Banda Aceh.[TPKs]

Demikianlah Acara kegiatan berjalan tertib dan aman.[TPKs]

 

Sharing ke Social Media :