Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banda Aceh mendukung sepenuhnya seruan Forkopimda Kota Banda Aceh, dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banda Aceh, Drs Abdul Syukur, M.Ag, menindaklanjuti Seruan Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh, 26 Sya’ban 1442 H/ 09 April 202, dalam rapat Lintas Agama di ruang kerja Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh, Minggu, (11/5/2021)

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh, Bachtiar, Sos, dan tokoh lintas agama, diantaranya Robertus Wirjanna (Khatolik), Willy Putrananda (Budha), Eliaudin Gea (Kristen) dan juga Sekretaris FKUB, Zulkifli, SH.

Dalam rapat tersebut FKUB mengajak seluruh umat beragama untuk bersama-sama mendukung sepenuhnya Seruan Forkopimda Kota Banda Aceh agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan umat Muslim dalam melaksanakan Ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan 1422 H.

Selanjutnya, Kaban Kesbangpol Bachtiar, S.Sos, menegaskan agar semua pihak harus bersama sama menjaga dan memberi kenyamanan kepada masyarakat kota untuk dapat beraktifitas dalam semua kegiatan sosial kemasyarakat, terutama sekali dalam hal menjamin setiap umat beragama ketika melaksanakan ibadah agamanya terutama umat muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa pada bulan ramadhan ini.

“Mari kita rawat persatuan yang selama ini sangat harmonis di kota kita yang penuh kebhinekaan baik penganut agama, Ras, Suku, dan budaya,” imbuhnya.

Ia juga meminta semua pihak harus dapat menunjukan bahwa Kota Banda Aceh adalah kota beragam dalam kebhinekaan dibawah kepemimpinan Aminullah Usman, SE. AK. MM, dan Drs, Zainal Arifin sesuai visi misinya mewujudkan Kota Banda Aceh Gemilang dalam bingkai Syariat dengan tetap mejaga dan menjunjung tinggi nilai toleransi beragama sebagai wujud moderasi beragama di kota geumilang.

Selanjutnya, Ketua FKUB juga mangajak seluruh umat Islam untuk dapat memanfaatkan kesempatan di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah dengan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dan berupaya bersama-sama meningkatkan ukhuwah islamiyah, menjalin silaturahim, menghindari fitnah, dan perpecahan, serta saling memaafkan antar sesama manusia.

Diakhir pertemuan tersebut, Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh juga mengajak seluruh umat beragama melalui tokoh lintas agama untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan umat, bangsa dan negara.