Banda Aceh – Sejumlah Kader Bela Negara Kota Banda Aceh mengikuti upacara peringatan Hari Bela Negara ke 73, Rabu (22/12/2021), di Aula Badan Kesbangpol Aceh.

Beberapa perserta yang hadir mengikuti upacara tersebut merupakan kader Bela Negara binaan Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh Angkatan 2020, diantaranya Mohd Saadi Nurdin, M Geri Rocky, Lazuardi Akbar dan Nuria Diana.

Upacara yang digelar Badan Kesbangpol Aceh itu juga diikuti oleh dua kader Bela Negara perwakilan Kota Sabang Angkatan 2015, yaitu Mariani SPd dan Suwarti.

Dalam upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur upacara, Kepala Badan Kesbangpol Aceh Drs Mahdi Efendi.

Mahdi Efendi dalam pembacaan amanat Presiden RI menyampaikan, Presiden Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan semangat bela negara.

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya”, ucap Mahdi.

Lebih lanjut Mahdi mengatakan, Presiden Jokowi juga mengimbau agar peringatan Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021 tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa.

Salah satu wujudnya, adalah bahu membahu dalam menghadapi pandemi dan memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan.

“Tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini tidak lah mudah, situasi ini memerlukan daya juang seluruh elemen bangsa, memerlukan kerja keras bersama semua pihak, agar mampu melewati masa sulit di tengah situasi pandemi ini”, ucap Mahdi lagi.

“Semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang, dalam perang melawan Covid-19,” kata Jokowi lewat amanat yang dibacakan Mahdi tersebut.

Upacara peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 tersebut turut juga dihadiri Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Aceh Munarwansyah SE MM dan jajarannya, Sekretaris Kesbangpol Banda Aceh Ir Yustanidar, yang juga didampingi dua Kabidnya, yaitu Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Zulkifli SH dan Kabid Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Cut Suherriza S Sos, serta tamu undangan lainnya yaitu Kepala Dinas Pertanahan Aceh Ir Sunawardi MSi, Kepala Satpol PP Aceh Jalaluddin SH MM dan Wakil Ketua FPK Aceh Kol DR Ahmad Husein MA.

Peringatan Hari Bela Negara Tahun ini mengusung tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Kegiatan upacara yang diikuti sejumlah kader berseragam loreng biru itu berlangsung khidmat, tertib dan lancar.(Sri)

Sharing ke Social Media :