Banda Aceh – Kepala Badan Kesbangpol Kota Banda Aceh, Heru Triwijanarko, S.STP, M.Si menindaklanjuti perintah Pj Wali Kota Banda Aceh agar mengerahkan 10 orang jajarannya menyambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, Kamis (4/8), di kawasan Ulee Lheu Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh.

Kedatangan Menparekraf beserta rombongannya tersebut dalam rangka Visitasi Penilaian ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) Tahun 2022.

Diketahui, Gampong (Desa) Ulee Lheue menjadi satu-satunya desa di Aceh yang terpilih dalam 50 besar ADWI 2022 dari 3.419 peserta desa wisata di 34 Provinsi di Indonesia.

Gampong Ulee Lheue telah mengikuti beragam tahap kurasi dengan tujuh kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan telah memenuhi kelengkapan data melalui website Jadesta.

Gampong Wisata Ulee Lheue ini mampu masuk ke dalam 50 besar karena memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sangat aktif dan proaktif dalam memenuhi semua permintaan kebutuhan data dan informasi sebagai kelengkapan administrasi ke dalam aplikasi Jadesta Kemenpar RI.

Kemudian Gampong Ulee Lheue juga memiliki potensi yang tidak kalah hebatnya yaitu potensi alam yang sangat eksotis, terdapat juga berbagai objek wisata religi seperti Mesjid yang tidak hancur oleh tsunami walau terletak di pinggir pantai.

Di sisi lain, Desa Ulee Lheue juga terdapat Wisata Tsunami seperti galeri tsunami yang berada di perkarangan mesjid Baiturrahim dan kuburan massal.

Selanjutnya, Desa Ulee Lheue sebagai satu-satunya objek wisata pantai di Kota Banda Aceh yang telah tersedia fasilitas toilet yang layak dan musholla, memiliki boat wisata, pendestrian, banyak tersedia foodtruck dan lain-lainnya.

Akhirnya pada hari ini, Menparekraf Sandiaga Uno melakukan uji langusng turun ke desa wisata Gampong Ulee Lheue untuk melihat dan melakukan uji petik terhadap data-data yang sudah di sampaikan ke Tim Penilai ADWI 2022.(Sri)

 

Sharing ke Social Media :